Minggu, 01 April 2012

DARI INSAN CENDIKIA UNTUK PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sebuah fenomena yang sekarang banyak diangkat dan dibicarakan oleh banyak kalangan adalah rendahnya karakter bangsa yang di tandai dengan banyaknya berita - berita terpapar di banyak media masa, baik pembunuhan, korupsi, demo anarkis atau sekedar pencurian barang yang nilainya sedemikian murah bahkan ketidakadilan penegak keadilan.

Maka, sebuah kebijakan atau terobosan yang signifikan bila pemerintah membuat kebijakan pendidikan berkarakter di Indonesia. Sebuah terobosan yang sebetulnya harus diutamakan oleh seorang pendidik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Mungkin ini dikarenakan oleh banyaknya beban yang disandang dalam kaitannya kualitas pendidikan yang selalu dinyatakan dengan angka yang dtengarai oleh faktor kelulusan yang hanya ditentukan oleh empat matapelajaran nasional untuk jenjang SMP misalnya.

SMP-SMA Insan Cendikia dengan berbagai kebijaksanaannya, adalah sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan yang tidak hanya mengutamakan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga penanaman mental spiritual. ini dibuktikan dengan bagaiman ketika kita masuk lobi, disitu sudah tersedia pusat informasi digital yang bisa diakses oleh semua orang dengan bebas untuk mengetahui lebih njauh tentang SMP-SMA Insan Cendikia Al Mujtaba.Penulis melihat dengan sangat jelas tersedianya media pembelajaran berbasis Teknologi di ruang kelas. Saya yakin dan berharap besar, bahwa seperangkat media itu tidak hanya sebagai pajangan tetapi bermanfaat bagi pendidikan khususnya peningkatan mutu pendidikan.
Sekolah ini juga menyediakan program boarding untuk para siswanya, sehingga akhlak siswa bvisa terbentuk dengan kurikulum boardingnya. Tidak hanya itu, dalam rangka membentuk karakter yang hadal, SMP-SMA Insan Cendikia tidak hanya menitik beratkan program peningkatan kualitas karakter untuk para peserta didiknya, tetapi juga dengan penguatan Keimanan dan Ilmu agama dengan adanya kajian rutin mingguan yang diselenggarakan di lokasi SMP-SMA Insan Cendikia setelah proses belajar mengajar selesai.

Dalam Hubungannya dengan dunia luar, khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan, SMP-SMA Insan Cendikia bekerja sama dengan KPM MNR yang berpusat di Bogor menyelenggarakan program pelatihan Guru Olympiade dan diteruskan dengan pelatihan untuk para siswa SD se surakarta.

Bahkan SMP-SMA Insan Cendikia Bekerja sama dengan KPM MNR menyelenggarakan beberapa ivent baik tingkat regional maupun internasional, Baik IMO, AIMO dan  yang baru saja Kompetensi Matematika Nalaria Realistik yang diadakan Minggu tanggal 1 April 2012. Inilah wujud kepedulian SMP-SMA Insan Cendikia dalam memujudkan pembaharuan pendidikan di Indonesia, yang tidak hanya meningkatkan kualitas output pendidikan tetapi juga menjadi penyedia untuk menciptakan insan yang siap bersaing di tingkat global.

Ini sebuah pembaharuan yang patut kita acungi jempol, khususnya dalam peningkatan Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang menyiapkan peserta didik untuk siap bersaing di tingkat lokal, regional maupun Internasional dengan tidak melupakan pembinaan keagamaan dan pembentukan karakter bangsa yang selama ini menjadi topik utama dalam dunia pendidikan.

Penulis angkat topi dan sukses untuk program - program di SMP-SMA Insan Cendikia, semoga dengan SMP- SMA Insan Cendikia terwujud pembaharuan pendidikan di Indonesia.

Mohon maaf kepada semua pihak, karena baru saja saya membaca pengumuman lomba blog dan saya buat entri ini untuk persyaratan di final. terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India