Senin, 22 November 2010

FLASHCARD

Flashcard merupakan game edukatif yang bertemakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Game ini sangat disukai anak, karena didalamnya ada gambar yang tersembunyi yang dapat tampil bila jawaban anak benar terhadap soal yang ditayangkan, yang nantinya dapat merangsang minat belajar anak untuk belajar lebih. Dalam game ini juga disediakan penilaian berapa kali mengerjakan, berapa benar dan prosentase nilai. Menarik bukan.
Cara memainkannya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih Option, untuk menentukan jenis game (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan pembagian)
  2. Pilih Display, untuk mentukan jawaban atau soalnya yang tampil
  3. mainkan, dan lihat perolehan nilainya.
Macam permainan :
FlashCard
Penarikan akar
Pembagian
Perkalian
Penjumlahan
Pengurangan
Kolaborasi ( + , - , X, : )

Rabu, 17 November 2010

FUN MATEMATIKA

Untuk mengasah ketrampilan berhitung kita, ini ada game yang dijamin fun and funky. mau tuh gimana game itu. jangan tergesa - gesa dulu. Game ini bisa menambah kecepatan berhitung kita dan dapat melatih otak kiri kita. sudah tak sabar lagi, pilih salah satu dari game di bawah ini.
LATIHAN/DRILL OPERASI HITUNG
Nama Program Deskripsi
Tes Berhitung 45 Detik Digunakan untuk melatih ketrampilan/kecepatan dalam melakukan operasi hitung dalam waktu 45 detik
Tes Berhitung 60 Detik
Digunakan untuk melatih keterampilan/kecepatan dalam melakukan operasi hitung dalam waktu 60 detik
Tes Hitung Pilihan Ganda
Digunakan untuk melatih operasi hitung matematika dalam bentuk soal pilihan ganda. Program ini dapat diset tingkat kesulitannya dan hasilnya dalam bentuk skor tertinggi akan ditampilkan
Persamaan Linier
Digunakan untuk melatih menyelesaikan persamaan linier. Tersedia tiga macam bentuk persamaan.
Tes Kecepatan:
Penjumlahan
Perkalian
Pembagian

Cara bermain
Suatu permainan mencari pasangan dari hasil operasi hitung yang sekaligus dapat digunakan untuk mengetes kecepatan dalam operasi hitung matematika
Tes Konsentrasi :
Penjumlahan
Perkalian

Cara bermain

Selasa, 16 November 2010

PERMAINAN KETANGKASAN

Bagaimana bila kita belajar matematika tanpa mengurangi porsi waktu belajar sekaligus juga untuk melatih ketangkasan kita ?
Untuk yang satu ini anda bisa mencoba bermain pada "PERMAINAN KETANGKASAN" di sini.

Nama Program Deskripsi Program
Falcon Coba anda kendalikan pesawat Falcon ini (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
JS Gymkhana Mengendalikan mobil dalam sirkuit
Mario Permainan Marionette 2 (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
Packman Permainan Packman
Tetris Permainan Tetris (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
Frozen Bubble Permainan menembakkan gelembung ke gelembung yang di atas untuk menjatuhkan gelembung-gelembung dengan warna sama. Permainan ini dibuat dengan program Java sehingga browser anda harus sudah diinstali JRE (Java Runtime Environment) (Gunakan Mozilla Firefox untuk membukanya!)

PERMAINAN MENGASAH OTAK DAN INGATAN

Kita kadang lupa bahwa permainan itu pada dasarnya baik. yang tidak baik adalah bila menggunakan permainan itu untuk merugikan orang lain atau bahkan diri sendiri. Tetapi bila permainan itu dilakukan dalam rangka untuk mengasah keterampilan dan otak kita, justru itu sangatlah dibutuhkan. Ingin mencoba permainan yang bermanfaat bagi perkembangan otak kita, buka "PERMAINAN MENGASAH OTAK DAN INGATAN" berikut.

Nama Program Deskripsi program
Permainan Tic-Tac-Toe dengan kotak 3x3 melawan komputer. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan tic-tac-toe 3 dimensi melawan komputer atau teman anda. Siapa yang mendapat 4 bola yang sebaris/sekolom/sediagonal dialah pemenangnya. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan melawan komputer dengan mengklik 2 radio button yang yang berdampingan untuk mendapatkan satu garis. Siapa yang mendapatkan lebih banyak kotak dialah pemenangnya Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan dengan mencocokkan bola-bola dengan warna sama yang bersebelahan yang akan menghilangkan bola tersebut. Lebih banyak anda menghilangkan bola tersebut sekali jalan, skornya menjadi lebih tinggi. Selamat bermain. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan antara 2 orang untuk mendapatkan lebih banyak kotak. Permainan ini hampir sama caranya dengan permainan titik di atas tetapi yang ini untuk dimainkan 2 orang. Jadi setiap pemain bergiliran menjalankan seseai warnanya yang ditampilkan oleh komputer. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta menebak letak suatu pasangan gambar. Ada 18 gambar yang anda harus tebak pasangannya. Jika anda berhasil akan diberitahukan berapa lama anda dapat menyelesaikannya. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta membersihkan papan dengan cara melangkahkan bola di atas bola lain. Bola yang "dilangkahi" akan hilang. Jika ada lebih dari satu langkah, pilihlah yang mana anda mau melangkah. Anda akan menang dengan menyisakan hanya satu bola (Penyelesaian terbaik adalah dengan bola ini di tengah). Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta menebak letak suatu pasangan gambar. Ada 10 gambar yang anda harus tebak pasangannya. Permainan ini hampir sama dengan permainan konsentrasi di atas. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.

MasterMind

Berpikirlah untuk menemukan kombinasi warna yang tepat. Untuk mengganti warna klik lingkarannya berulangkali.

Mengingat gambar

Anda diminta mengingat suatu gambar, setelah itu anda diberi suatu potongan gambar dan anda diminta menebak potongan gambar itu ada di bagian mana. Permainan ini dibatasi oleh waktu (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)

Gambar Jigsaw

Anda diminta untuk menyusun kembali potongan-potongan gambar yang sudah diacak.

Tempatkan

Anda diminta untuk menempatkan potongan-potongan kotak pada tempat yang tepat sehingga tersusun kembali menjadi bentuk yang utuh. Anda dapat menentukan berapa banyak potongan yang anda inginkan. Semakin banyak potongannnya semakin sulit penyelesaiaannya
Permainan ini hampir sama dengan permainan minesweeper-nya Windows.

Tukang Parkir

Permainan untuk mengeluarkan mobil dari tempat parkir
Simulasi permainan Rubik (kubus ajaib) di komputer

Permainan ini menebak suatu kata yang berhubungan dengan matematika. anda mengetikkan huruf-huruf yang menyusunnya. Setiap huruf yang benar akan ditampilkan dan setiap kesalahan memilih huruf mengakibatkan gambar orang digantung. Selamat bermain.

Permainan ini menebak suatu kota yang akan disinggahi oleh mata-mata internasional. Mata-mata ini selalu berpindah-pindah kota. Tugas anda sebagai agen interpol adalah menyinggahi kota yang sama dengan mata-mata tersebut untuk dapat menangkapnya.

MISTERI MATEMATIKA

Pernahkah kita menemui sebuah kejanggalan, tidak luput dari itu semua, matematika yang memiliki keakuratan tinggipun, ternyata mempunyai banyak kejanggalan. Lihat dan mainkan serta cermati kejanggalan - kejanggalan yang ada dari permainan "MISTERI MATEMATIKA" berikut

Nama Program Deskripsi Program
Hanya dipindahkan, hilang satu orang. Kok bisa?
64 = 65 ? Bukti bahwa 64 = 65 ?
Hitung Titik Cobalah anda hitung titik hitam yang ada digambar.
Pandang Titik Pandangi terus titik hitam, maka kebut yang mengelilinginya semakin menjadi semakin kecil.
Beda warna Benarkah warna merahnya sama ?
Baca warna bacalah warnanya jangan tulisannya, loh!
garis sejajar coba lihat benarkah garis tersebut tidak sejajar..?
Lingkaran berputar Mau lihat lingkaran berputar
Cari wajah Coba anda hitung berapa wajah yang ada di gambar!
Cari kuda Coba anda hitung berapa kuda yang ada di gambar!
Tes mata Apakah anda dapat membaca tulisan yang ada di gambar?
Pohon pemimpin Lihatlah wajah-wajah yang ada di pohon ini.
BapakTua/Ibu Muda Coba tebak gambarnya, bapak tua atau kah ibu muda atau gambar yang lain?
Orang jalan Kumpulan huruf-huruf membentuk gambar orang berjalan.
Naik/turun Coba perhatikan, orang dalam gambar selalu naik tangga terus bisa kembali ke tempat semula? percaya.....
Segitiga Apakah anda bisa menyusun komposisi seperti ini?

PERMAINAN MATEMATIKA

Untuk menghilangkan kejenuhan, alangkah baiknya kita coba bermain yang di dijamin fun tetapi tidak keluar dari bidang keilmuan kita. Silahkan pilih salah satuPERMAINAN/TEKA-TEKI MATEMATIKA kita
Nama Program Deskripsi program
Anda diminta mengurutkan angka pada suatu kotak 3x3. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Sama dengan permainan kotak ajaib tetapi untuk permainan ini dilengkapi dengan memilih tingkat kesukaran. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta menebak suatu bilangan yang dibangkitkan oleh komputer dan anda diberi petunjuk dalam menebaknya. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Ini versi lain dari program tebakan bilangan yang di atas. Selain berapa kali anda mampu menebaknya juga diberitahukan waktu sampai anda berhasil menebaknya. Maksud dari Hilo adalah HIgh untuk nilai tertinggi dan LOw untuk nilai terendahnya.
Anda diminta untuk mengambil suatu bilangan dalam pikiran anda dan komputer akan menebak bilangan yang anda pikirkan dengan memberikan pertanyaan yang anda harus jawab dengan betul. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Program ini juga dapat membaca pikiran anda. Anda diminta untuk menentukan suatu bilangan 2 digit, kemudian anda diminta mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan dan komputer akan menebak simbol yang sesuai dengan yang anda pikirkan. Cobalah!
Permainan untuk memecahkan masalah menara hanoi dalam bentuk aplikasi internet. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan untuk menukarkan letak katak merah dengan katak hijau. Permainan ini dibuat dengan program Java.
Permainan loncat katak versi Flash.
Ada tiga galon air yang hanya dapat memuat 3, 5 dan 8 liter air. Dua galon yang pertama kosong, dan yang terakhir terisi 8 liter. Dengan menuang air dari satu galon ke galon yang lain buatlah salah satu gelas berisi air tepat 4 liter. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan untuk mengganti huruf-huruf dengan angka sehingga membentuk ungkapan aritmetika yang valid. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan untuk mengisi kotak dengan angka sedemikian rupa sehingga setiap baris, setiap kolom dan setiap kotak 3x3 mengakomodasi angka-angka 1-9 tanpa ada perulangan. Permainan ini sangat terkenal di Jepang

KUMPULAN SOAL UJIAN MATEMATIKA

Kumpulan Soal Ujian Matematika SMP (2007-2009)

Kumpulan soal-soal Ebtanas Matematika SMP dari tahun 1992 hingga tahun 2006 serta soal Ujian Nasional Matematika SMP tahun 2007 hingga 2009. Berikut daftar link-nya.
Download Ebtanas Matematika SMP 1992
Download Ebtanas Matematika SMP 1993
Download Ebtanas Matematika SMP 1994
Download Ebtanas Matematika SMP 1995
Download Ebtanas Matematika SMP 1996
Download Ebtanas Matematika SMP 1997
Download Ebtanas Matematika SMP 1998
Download Ebtanas Matematika SMP 1999
Download Ebtanas Matematika SMP 2000
Download Ebtanas Matematika SMP 2001
Download Ebtanas Matematika SMP 2002
Download Ebtanas Matematika SMP 2003
Download Ebtanas Matematika SMP 2004
Download Ebtanas Matematika SMP 2005
Download Ebtanas Matematika SMP 2006
Download UN matematika SMP 2007
Download UN matematika SMP 2008
Download UN matematika SMP 2009

Anda juga dapat mendownload melalui link alternatif berikut:

Download Pembahasan Soal UASBN SD Kode P1

Download Pembahasan Soal UASBN SD Kode P2

Download Pembahasan Soal UAN SMP (Kode A)

Download Pembahasan Soal UAN SMP (Kode B)
Download Pembahasan Soal UAN SMA IPA Download Pembahasan Soal UAN SMA IPS
Download Soal Pembahasan Soal UAN SMK
Download Pembahasan Soal EBTANAS/UN Matematika SMP Topik Statistik Tahun 2006-2010

KUMPULAN SOAL ULANGAN
Download soal ulangan Bangun Ruang sisi lengkung

Download Kisi - Kisi UKK VIII SMP se Sukoharjo tahun 2010/2011


Bedah SKL MGMP Sukoharjo download di sini,






Jumat, 05 November 2010

SOAL STATISTIKA

1. Diketahui data nilai ulangan siswa sebagai berikut :

2, 4, 6, 3, 5, 8, 6, 9, 6, 3, 7, 5, 6, 8, 4, 3, 5, 6, 8, 4

Tentukan :

a) Nilai maksimum dan nilai minimum

b) Median

c) Modus

d) Kwartil I dan Kwartil III

e) Rata – rata nilai ulangan siswa tersebut

2. Jika mean dari data: 6, 9, 8, 7, c, dan 4 adalah 6, tentukan nilai c!

3. Diketahui data sebagai berikut :

Bila Jumlah siswa ada 30 orang, Berapakah banyaknya orang tua

siswa yang bekerja sebagai PNS ?

Pada pengetosan satu mata uang logam dan satu dadu, tentukan :

a) Ruang sample

b) Cacah ruang sample

c) Peluang muncul GAMBAR dan mata dadu primal

4. Diketahui data seperti diagram di bawah ini :

Tentukan :

a) Banyak siswa yang mendapat nilai 8

b) Modus

c) Rata – rata nilai ulangan

5. Peluang diterima seorang siswa di Sekolah Menengah Atas adalah

0,4. Bila banyaknya siswa yang mengikuti ujian masuk Sekolah

Menengah Atas ada 3.000 orang, tentukan banyaknya siswa

yang tidak diterima!

6. Pada pelemparan sebuah dadu sebanyak 30 kali, tentukan

harapan munculnya muka dadu kurang dari 5 !

7. 4 orang bekerja bersama. Dan rata – rata upah yang mereka

terima Rp. 5.000,00

8. Setelah Bertambah seorang lagi, rata – rata pendapatan

mereka menjadi Rp. 6.000,00 Berapakah pendapatan

pekerja yang baru ?

9. Pada pelemparan dua dadu bersama - sama, tentukan

peluang muncul muka dadu berjumlah prima!

10. Sebuah lempengan berisi angka 1,2,3,4,5,…,10 diputar

sekali. Tentukan peluang paku berbenti pada angka

di atas 7 ?

Rabu, 03 November 2010

BILANGAN PRIMA


Bilangan prima adalah dasar dari matematika, termasuk salah satu misteri alam semesta. Tidak pernah terbayangkan oleh manusia sebelumnya, sampai ditemukan bahwa bilangan prima juga merupakan dasar dari kehidupan alam, yang de­ngan usaha keras ingin dijelaskan oleh ilmu ini dalam sains. Pandangan orang umumnya mengatakan bahwa matematika hanyalah penemuan manusia biasa. Sebaliknya, beberapa pemikir masa lalu - Pythagoras, Plato, Cusanus, Kepler, Leibnitz, Newton, Euler, Gauss, termasuk para revolusioner abad ke-20, Planck, Einstein dan Sommerffeld-yakin bahwa keberadaan angka dan bentuk geometris merupakan konsep alam semesta dan konsep yang bebas (independent). Galileo sendiri berang­gapan bahwa matematika adalah bahasa Tuhan ketika menulis alam semesta.1


Bilangan Prima dan Rencana Penciptaan


Salah satu teka-teki lama yang belum sepenuhnya terpe­cahkan adalah bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat habis dibagi oleh bilangan itu sendiri dan angka 1. Angka 12 bukan merupakan bilangan prima, karena dapat habis dibagi oleh angka lainnya 2, 3, dan 4. Bilangan prima adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, .... dan seterusnya. Banyak bilangan prima tidak terhingga. Tidak peduli berapa banyak kita meng­hitung, pasti kita akan menemukan bilangan prima, walaupun mungkin makin jarang_ Hal ini menjadi teka-teki kita, jika kita ingat bilangan ini tidak dapat dibagi oleh angka lainnya. Salah satu hal yang menakjubkan, dalam era komputer kita memberi­kan kodetifikasi semua hal yang penting dan rahasia, di bank, asuransi, dan perhitungan-perhitungan peluru kendali, security system dengan enkripsi, dalam angka jutaan bilangan-bilangan yang tidak habis dibagi oleh angka lainnya. Ini diperlukan ka­rena dengan penggunaan angka lain, kodetifikasi tadi dapat dengan mudah ditembus. Fenomena inilah yang ditemukan il­muwan dari Duesseldorf (Dr. Plichta), sehubungan dengan pen­ciptaan alam, yaitu distribusi misterius bilangan prima.


Para ilmuwan sudah lama percaya bahwa bilangan prima adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua makhluk (spesies) berintelegensia tinggi, sebagai komunikasi dasar antarmereka. Bahasa ini penuh misteri karena berhubung­an dengan perencanaan universal kosmos.2

Bilangan lain yang perlu diketahui adalah sisa dari bilangan prima, yakni bilangan komposit, kecuali angka 1, yaitu 4, 6, 8, 9,10,12,14,15, .... dan seterusnya. Dengan kata lain, bilangan komposit adalah bilangan yang terdiri dari minimal dua faktor prima.


Misalnya :

6 = 2 x 3 = 2 . 3
30 = 2 x 3 x 5 = 2 . 3 . 5
85 = 5 x 17 = 5 . 17


Selain itu, dikenal pula bilangan khusus, yang disebut prima kembar, yaitu bilangan prima yang angkanya berdekatan dengan selisih 2. Misalnya :


(3,5), lalu (5,7), lalu (11,13), lalu (17,19), lalu (29,37), dan seterusnya.



TABEL 3.1
BILANGAN PRIMA SAMPAI DENGAN INDEKS KE-120


2 3 5 7 11 13 17 19 23 29
31 37 41 43 47 53 59 61 67 71
73 79 83 89 97 101 103 107 109 113
127 131 137 139 149 151 157 163 167 173
179 181 191 193 197 199 211 223 227 229
233 239 241 251 257 263 269 271 277 281
283 293 307 311 313 317 331 337 347 349
353 359 367 373 379 383 389 397 401 409
419 421 431 433 439 443 449 457 461 463
467 479 487 491 499 503 509 521 523 541
547 557 563 569 571 577 587 593 599 601
607 613 617 619 631 641 643 647 653 659


Catatan : Angka-angka yang dicerak lebal; angka yang muncul dalam struktur al-Qur'an.

Mayoritas ahli astrofisika juga percaya bahwa di alam se­mesta terdapat "kode kosmos" atau yang disebut cosmic code based on this order, yang dikenal juga sebagai Theory of Everything (TOE), yang artinya terdapat konstanta-konstanta alam semesta yang saling berhubungan berdasarkan perintah pendesain. Sekali perintah tersebut dapat dipecahkan, maka hal ini akan membuka pandangan sains lainnya yang berhubungan.

Mayoritas ahli astrofisika juga percaya bahwa di alam se­mesta terdapat "kode kosmos" atau yang disebut cosmic code based on this order, yang dikenal juga sebagai Theory of Everything (TOE), yang artinya terdapat konstanta-konstanta alam semesta yang saling berhubungan berdasarkan perintah pendesain. Sekali perintah tersebut dapat dipecahkan, maka hal ini akan membuka pandangan sains lainnya yang berhubungan.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India